• Categories

  • Yang Terbaru

  • Archives

  • December 2007
    M T W T F S S
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Jejak Rekam

Demokrasi di Tangan Demokrat

pak-gusti.jpgJudul Buku : Demokrasi, Otonomi dan Gerakan Daerah: Pemikiran Politik Orang Minang Tahun 1950-an

Editor : Gusti Asnan

Penerbit : Yayasan Citra Budaya Indonesia, 2006

Halaman : 236 + xxxiiik

Pemikiran politik orang Minang tahun 1950-an relatif belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal tidak diragukan lagi, buah pikiran itu dapat dikatakan sebagai salah satu motor penggerak dan pengubah sejarah daerah tersebut khususnya dan Indonesia pada umumnya. Tidak itu saja, pikiran-pikiran tersebut dapat pula dikatakan sebagai puncak prestasi yang mereka torehkan dalam sejarah kontemporer daerah itu, sebab pada kurun waktu pasca 1950-an peran-serta orang Minang dalam peta pemikiran politik nasional mulai turun ke tingkat yang terendah, setidaknya bila dibandingkan dengan kurun waktu lain sejak awal abad ke-20.

 

Tulisan-tulisan yang disajikan dalam buku ini adalah sebagian dari buah pikiran orang Minang tentang demokrasi, otonomi dan gerakan daerah. Tiga persoalan yang tidak terpisahkan dari sejarah Minangkabau khususnya dan Indonesia pada umumnya di tahun 1950-an. Apa yang mereka pikirkan dan perdebatan tengang tiga persoalan tersebut hampir identik dengan apa yang berlaku dewasa ini, sebab ada banyak persamaan tentang jiwa zaman dan latar belakang kebudayaan tahun 1950-an dengan kurun waktu 3 atau 4 tahun belakangan. Mengetahui apa yang mereka pikirkan dan perdebatkan pada waktu itu akan turut membantu kita memahami dan mencari jalan keluar dari apa yang diperdebatkan dan menjadi persoalan yang dihadapi warga bangsa dewasa ini.

2 Responses

  1. Baru 1 minggu lalu baru baca.
    menarik sekali.

  2. Mau tanya, pak Alumni. Buku di atas kan mengenai pergerakan daerah serta pemikiran orang Minang tahu 50’an, tahu tidak judul buku mengenai pergerakan pendidikan orang minang pada saat pendidikan barat, saya tertarik saat dulu baca buku Plakat Panjang karya Rusli Amran tapi disitu hanya disinggung hanya 1 bab saja. Bisa di kasih informasi bukunya, atau tempat pinjam atau belinya.

    wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: