• Categories

  • Yang Terbaru

  • Archives

  • December 2007
    M T W T F S S
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Jejak Rekam

Ketika Kato Menilai Adat dan Rantau Rang Awak

pak-gusti-30001.jpgJudul Buku : Adat Minangkabau dan Merantau dalam Perspektif Sejarah

Judul Asli : Matriliny and Migration: Evolving Minangkabau Tradition in Indonesia

Penulis : Tsuyoshi Kato

Penerjemah : Gusti Asnan dan Akiko Iwata

Penerbit : Balai Pustaka, Jakarta, 2006

Halaman : 291 + xx

Tsuyoshi Kato, Profesor Sosiologi Komparatif, mengajar di Departemen Sosiologi dari Universitas Ryukoku di Seta, Jepang. Pernah menjadi guru besar pada Pusat Kajian Asia Tenggara dan Program Pasca Sarjana Studi Kawasan Asia-Afrika dari Universitas Kyoto. Dia sekarang adalah profesor emeritus Universitas Kyoto. Sejak menyelesaikan penelitian lapangan di Sumatera Barat pada tahun 1973, dia melanjutkan penelitiannya di Jakarta mengenai gaya hidup perantau Minangkabau di ibu kota pada awal tahun 1980-an. Sesudah pengalaman itu, dia “merantau” ke daerah Teluk Kuantan, Riau dan juga ke Negeri Sembilan untuk mempelajari perkembangan masyarakat yang, menurut cerita, yang leluhurnya adalah para peneroka yang datang dari Minangkabau pada zaman dahulu. Penelitian-penelitian ini, yang bermula pada pertangahan tahun 1980-an, masih berlangsung sampai hari ini.

Bagi orang luar, masyarakat Minangkabau menjadi sebuah teka-teki sendiri. Mereka berpegang kuat pada agama Islam, yang berciri patrilineal, tetapi sekaligus juga mematuhi sistem matrilineal. Mereka terpelajar dan berjiwa wirausaha, tetapi secara bersamaan mempertahankan tradisi yang tampaknya “kuno”. Mereka suka merantau dengan mobilitas tinggi, tetapi sekaligus tetap memelihara identitas etnis yang kuat yang berakar di tanah kelahiran. Buku yang ditulis dari hasil penelitian Kato ini mencoba menguraikan “teka-teki” tersebut dengan cara meletakan hubungan antara sistem matrileneal dan merantau dalam perspektif sejarah yang tepat.

8 Responses

  1. Bukunya dapat di beli dimana?
    dan berapa harganya?
    Saat realese di fakultas saya tidak dapat hadir.
    mohon dibalas.

    er1kzs

  2. Alo Eri, terima kasih atas kunjungan kamu. Dan kami dah liat blog mu. Sungguh mengesankanI Buku itu dapat dibeli di Pusindok, Lt. 2 Jurusan sejarah. Harganya Rp. 55 ribu.

    salam

  3. selamat untuk penerbitan terjemahan ini, walaupun terlambat beberapa tahun dari Malaysia (terjemahan oleh Azizah Kassim).

  4. slm knal…………………………….bagus jga isi nya jgn lupa berkunjung ya http://www.rang-awak.co.cc

  5. Siapa yang bisa menolong saya memesankan buku Tsuyoshi Kato ini dan mengirimkan ke alamat saya: Hary B Kori’un, Gedung Riau Pos Jl Soebrantas KM 10,5 Pekanbaru. Sertakan nomor rekeningnya dan kalau buku itu sampai nanti saya langsung kirim uangnya plus ongkos kirimnya. Atau ada cara lain, di bayar di muka atau bagaimana? Saya perlu buku itu betul…

    terima kasih,
    Hary B Kori’un
    Alumni Sejarah 1992

  6. Tolong, siapa yang bisa membelikan dulu dan kirim ke alamat saya, atau saya transferkan dulu uannya agar saya bisa punya buku Kato itu?

    Hary B Kori’un
    Alumni Sejarah 1992

  7. Saya tertarik utk membeli buku ini apa tersedia di gramedia atau ditempat lainnya.

  8. Sebagai informasi, buku ini tersedia di Pusindok Jurusan Sejarah Unand, kampus Limau manis padang. Jika berkenan silahkan datang ke sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: